11 Sep 2024

MODUL AJAR 3e MENGELOLA KARTU PERSEDIAAN

 

MENGELOLA KARTU PERSEDIAAN      

A.    Informasi Umu

Kode Modul Ajar

 

Penyusun/Tahun

Agus Nurman Sueno /2023-2024

Kelas/Fase Capaian

XII/Fase F

Domain/Topik

Mengelola Kartu Persediaan

Alokasi Waktu

270 menit (6 Jam Pelajaran)

Pertemuan Ke-

16

Profil Pelajar Pancasila

Mandiri dan Bergotong Royong

Sarana Prasarana

LCD, Proyektor, Papan Tulis

Target Peserta Didik

o  Regular/tipikal

Model Pembelajaran

o  Problem-Based Learning

Mode Pembelajaran

Tatap Muka

A.    Komponen Inti

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Membukukan mutasi persediaan ke tiap-tiap kartu persediaan.

 

Pertanyaan Pemantik

1.      Dapatkah Anda membukukan masing-masing persediaan ke dalam kartu persediaan?

 

Persiapan Pembelajaran

1.   Guru melakukan asesmen diagnostik untuk pemetaan dan merancang strategi pembelajaran pada peserta didik sebelum pembelajaran.

2.   Guru menyiapkan bahan tayang salindia (power point) materi sistem pencatatan persediaan.

 

Kegiatan Pembelajaran

1.         Pendahuluan (20 menit)

a.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam

b.      Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.       Guru mengecek kehadiran peserta didik dan perkenalan singkat.

d.      Guru melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan pemantik sebagai cara untuk mengetahui kompetensi awal peserta didik.

e.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

 

 

 

2.         Kegiatan Inti (50 menit)

Fase 1. Orientasi Masalah

a.       Peserta didik diminta menjawab beberapa pertanyaan terkait membukukan data persediaan ke kartu persediaan.

b.      Guru menyiapkan bahan tayang salindia (power point) materi kartu persediaan.

 

Fase 2. Mengorganisasi Peserta didik

a.       Peserta didik dibagi dalam kelompok terbatas yaitu dengan teman sebangku.

b.      Setelah peserta didik mampu memahami pembukuan kartu persediaan

c.       Peserta didik bersama teman satu bangku diminta mengerjakan Aktivitas Mandiri 9 dari Buku Akuntansi Keuangan Fase F SMK/MAK Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 146-147.

 

Fase 3. Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok

a.       Guru berkeliling untuk melihat proses diskusi peserta didik.

b.      Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dicapai.

c.       Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan Aktivitas Mandiri 9 dari Buku Akuntansi Keuangan Fase F SMK/MAK Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 146-147.

 

Fase 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.       Guru meminta dengan sukarela perwakilan peserta didik/kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya.

b.      Peserta didik/kelompok lain diminta menanggapi dan memberikan argumen apa yang dipresentasikan.

 

Fase 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.       Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah dengan sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.      Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang memerlukan penguatan/kurang sesuai.

 

3.         Kegiatan Penutup (20 menit)

a.       Guru membagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 3-4 orang untuk melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan yaitu membukukan persediaan ke dalam kartu persediaan.

b.      Guru memberikan tugas rumah untuk mengembangkan kemampuan literasi dengan mengerjakan Ruang Kolaborasi dari Buku Akuntansi Keuangan Fase F SMK/MAK Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 147-148.

c.       Guru mengonfirmasi masalah yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

 

Rencana Asesmen

Peserta didik mengerjakan tugas terstruktur untuk meningkatkan kemampuan literasi yaitu dengan mengerjakan Ruang Kolaborasi dari Buku Akuntansi Keuangan Fase F SMK/MAK Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 147-148.

 

Pengayaan dan Remedial

Ø Pengayaan: peserta didik diminta belajar bersama teman sekelas yang masih mengalami hambatan belajar dengan menjadi tutor sebaya.

Ø Remedial: peserta didik diminta mengerjakan ulang pada soal-soal yang belum dapat dikerjakan dengan baik pada Ruang Kolaborasi.

 

Refleksi Peserta Didik dan Guru

Refleksi Peserta Didik

Ø  Apakah Anda dapat membukukan data persediaan ke kartu persediaan?

 

Refleksi Guru

Ø  Apakah pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?

Ø  Apakah peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi dengan baik?

Ø Apa level pencapaian rata-rata peserta didik dalam kegiatan pembelajaran?

Lampiran

 

Lembar Aktivitas

Silakan kerjakan Soal Latihan Bab 3, Essay, dan Soal Tipe AKM Buku Akuntansi Keuangan Fase F SMK/MAK Kelas XI PT Penerbit Erlangga halaman 149-157.

 

Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik

Buku Akuntansi Keuangan Fase F SMK/MAK Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 129-140.

 

Daftar Pustaka

Dwi Harti. 2023. Akuntansi Keuangan Fase F SMK/MAK Kelas XII. Jakarta: PT Penerbit Erlangga.

 

Tidak ada komentar: